Home Berita Begini langkah perbankan untuk mencegah kasus fraud

Begini langkah perbankan untuk mencegah kasus fraud

13
0

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kasus pembobolan rekening PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) oleh pegawainya sendiri membuat pengawasan internal perbankan jadi perbincangan. Sejumlah bank bahkan bakal memperketat mitigasi risiko terkait internal fraud.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) akan meluncurkan ketentuan anti bribery and corruption secara internal. Direktur Kepatuhan Bank Danamon Rita Mirasari bilang ketentuan tersebut bakal melengkapi sejumlah langkah mitigasi yang dilakukan perseroan.

“Desember nanti kami akan ada tanda tangan anti bribery and corruption, selain aspek KYC (know your customer), kami juga menerapkan aspek KYE (know your employee),” ujarnya dalam paparan daring, Kamis (12/11).

Baca Juga: Meski ada pandemi, likuiditas perbankan disebut masih longgar

Ia menambahkan, proses KYE juga telah dilakukan secara ketat oleh perseroan saat merekrut pegawai. Bank Danamon misalnya turut melacak rekam jejak calon pegawainya, apakah pernah terkait masalah di perusahaan sebelumnya.

Pun saat telah bekerja di perseroan, seluruh pegawai tak ada yang memiliki akses tanpa batas terhadap data nasabah. Seluruh aktivitas saat pegawai mengakses data nasabah juga akan terekam oleh sistem perseroan guna mudah melacak saat terjadi fraud.

Bahkan, Rita bilang, rekening pegawai Bank Danamon juga dipantau perseroan untuk memantau transaksi. Dengan bantuan teknologi, relasi secara langsung dari pegawai Bank Danamon kini juga mulai dikurangi

Meski demikian untuk mencegah terjadinya fraud, Rita juga mengungkapkan agar nasabah juga dapat mengetahui hak dan kewajibannya. “Edukasi terhadap nasabah juga merupakan kunci, transaksi perbankan merupakan hubungan dengan institusi bukan antar individu pegawai bank dan nasabah,” jelas Rita.

Baca Juga: Penyaluran kredit masih seret, gara-gara korporasi masih enggan tarik kredit baru

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiatmadja juga menambahkan bahwa nasabah juga memiliki peran penting dalam mencegah kejadian fraud perbankan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Kontan Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here