Home Berita Bertahan di Tengah Corona, KFC Ubah Konsep Bisnis Jadi Begini

Bertahan di Tengah Corona, KFC Ubah Konsep Bisnis Jadi Begini

7
0

Jakarta

Kentucky Fried Chicken (KFC) mendesain ulang konsep bisnisnya sejak virus Corona (COVID-19) merebak. Selama pandemi ini, KFC menekankan drive-thru dan membatasi kontak manusia.

Dua desain baru yang diungkapkan KFC menyoroti fakta bahwa kebiasaan pengunjung telah bergeser ke delivery (pengiriman) ketimbang makan di restoran.

“Membuktikan kebutuhan akan desain yang dimodernisasi. Desain toko KFC yang ada, yang disebut ‘American Showman’ pada akhirnya akan dihapus untuk mendukung salah satu dari dua konsep baru tersebut,” kata perusahaan dikutip dari CNN, Kamis (19/11/2020).

Salah satu desain yang diubah adalah membuat ukuran luas restoran menjadi lebih kecil atau ideal untuk ekspansi ke area yang lebih sibuk seperti kota. Chipotle dan Starbucks baru-baru ini meluncurkan desain serupa yang lebih kecil dari lokasi biasa.

Desain KFC lainnya menekankan pada drive-thru, yang mencakup 60% dari penjualan perusahaan di kuartal III-2020. Desain ini memiliki dua jalur drive-thru, dengan satu jalur khusus untuk pengambilan lewat pesanan seluler.

Taco Bell, yang juga dimiliki oleh Yum! Brands (YUM), memamerkan ide serupa awal tahun ini. Opsi itu juga mencakup area tempat duduk luar ruangan yang disebut ‘Serambi Kolonel’ dan ruang makan interior yang lebih kecil dari tata letak KFC saat ini.

Kedua konsep tersebut menampilkan merek yang lebih cerah yang menonjolkan garis-garis klasik merah dan putih KFC, serta ember merah menyala terang yang mengarahkan pelanggan untuk pesanan online dan pengambilan.

Beberapa gerai akan memiliki tempat parkir khusus untuk pelanggan yang memesan dari aplikasi KFC atau aplikasi pihak ketiga, serta ruang yang dipesan untuk pengemudi pengiriman DoorDash, Uber Eats, dan Postmates.

KFC mengatakan desain baru akan diluncurkan di tiga lokasi Amerika Serikat (AS) tahun depan, di West Palm Beach, Indianapolis dan Kentucky tengah. Drive-thru menjadi semakin penting untuk restoran cepat saji selama pandemi, dengan beberapa jaringan termasuk McDonald’s dan Chipotle, yang mengatakan telah mengalami peningkatan penjualan lebih cepat.

Tak hanya KFC, McDonald’s, Burger King dan Popeye semuanya telah mengumumkan akan desain ulang restoran yang meningkatkan drive-thru.

(hns/hns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here