Home Berita BRI menyuntik modal BRI Finance sebesar Rp 195 miliar

BRI menyuntik modal BRI Finance sebesar Rp 195 miliar

7
0

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyuntik modal ke anak usahanya, PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance). Bank dengan kode saham BBRI ini menyuntik modal ke BRI Finance sebesar Rp 195 miliar.

“Peningkatan penyertaan modal Rp 195 miliar menyebabkan porsi kepemilikan BRI di BRI Finance setelah tambahan modal menjadi sebesar 99,88%,” ungkap Aestika Oryza Gunarto, Sekretaris Perusahaan BRI dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (11/11).

Porsi kepemilikan ini naik tipis dari sebelumnya 99,78%. Sedangkan sisa saham BRI Finance dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) BRI.

BRI mengungkapkan bahwa transaksi bertujuan untuk memperkuat permodalan BRI Finance dalam rangka ekspansi. Dengan tambahan modal tersebut, total modal ditempatkan dan disetor penuh BRI Finance meningkat dari sebelumnya Rp 225 miliar menjadi Rp 450 miliar.

Baca Juga: Salip BRI dan Bank Mandiri, BCA jadi bank dengan laba terbesar

Suntikan modal yang dilakukan pada 9 November ini telah mendapatkan izin dewan komisaris BRI dan Otoritas Jasa Keuangan. Nilai transaksi ini bersifat afiliasi dan tidak material.

BRI memiliki 99% total saham BRI Finance sejak September 2016. Sebelumnya BRI Finance merupakan perusahaan kerja sama BRI dengan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. Pada tahun tersebut, BRI meningkatkan kepemilikan saham pada BRI Finance dari 45% menjadi 99% dengan membeli saham miliki Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ dengan harga pembelian sebesar Rp 378,55 miliar. 

Total aset BRI Finance pada 30 September 2020 mencapai Rp 4,08 triliun atau 0,28% dari total aset konsolidasian BRI. Total pendapatan bunga BRI Finance untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada kuartal ketiga sebesar Rp 359,32 miliar.

Baca Juga: Bank BRI kejar pertumbuhan kredit 4%-5% hingga akhir tahun ini

Baca Juga: Pefindo tegaskan peringkat idAA- untuk surat utang BRI Finance

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Kontan Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here