Home Berita Bulan Depan Pelabuhan Patimban Beroperasi, Apa Saja Manfaatnya?

Bulan Depan Pelabuhan Patimban Beroperasi, Apa Saja Manfaatnya?

4
0

Jakarta

Rencananya mulai bulan depan, Pelabuhan Patimban ditargetkan melayani kegiatan ekspor-impor. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat setelah beroperasi akan memberikan sejumlah manfaat.

Manfaat pertama, yaitu menekan biaya logistik nasional, termasuk meningkatkan efisiensi ekspor produk Indonesia ke luar negeri khususnya otomotif.

“Target penurunan biaya logistik ini erat kaitannya dengan bagaimana kita membuat konsep hub and spoke,” kata Budi dalam sebuah webinar, Jumat (20/11/2020).

Hub and spoke adalah konsep pengintegrasian pelabuhan utama (hub) dan pelabuhan pengumpan (spoke). Menurutnya hal tersebut amat penting karena pemerintah ingin memiliki hub yang terkemuka di dunia.

“Selain itu, Pelabuhan Patimban ini kita akan gunakan untuk BBM, untuk penggunaan maksimalisasi truk, memperkuat ketahanan ekonomi, dan paling penting adalah bagaimana kita juga menyediakan backup outlet dari pelabuhan,” sebutnya.

Dia menjelaskan bahwa Pelabuhan Patimban akan membuat pergerakan angkutan berat di ibu kota, yaitu Jakarta sebagian pindah ke daerah Patimban sehingga meminimalkan kemacetan di ibu kota.

“Pelabuhan Patimban juga dapat diharapkan sebagai pengungkit utama daripada pemulihan ekonomi nasional. Saya banyak berdiskusi dengan Pak Menperin bahwa Kementerian Perindustrian sudah siap mendukung kegiatan ini,” tambahnya.

(toy/hns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here