Home Berita Ekonomi Mulai Bangkit, Sri Mulyani: Yang Terburuk Sudah Berakhir, Tapi…

Ekonomi Mulai Bangkit, Sri Mulyani: Yang Terburuk Sudah Berakhir, Tapi…

6
0

Jakarta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan tidak ada jaminan ekonomi bakal terus membaik meskipun dampak terparah akibat pandemi COVID-19 sudah terlewati. Oleh karena itu, pemerintah akan terus menyesuaikan kebijakan-kebijakan sesuai dengan perkembangan COVID-19.

Perekonomian Indonesia sudah mengalami pertumbuhan di kuartal III-2020. Realisasi pertumbuhan ekonomi nasional minus 3,49% atau tumbuh 5,05% dari kuartal sebelumnya yang minus 5,32%.

Meski masih berada di zona negatif, Sri Mulyani mengatakan perekonomian nasional sudah terjadi pembalikan arah atau tren menuju perbaikan.

“The worst is over tapi it doesn’t mean dan it doesn’t guarantee (yang terburuk sudah berakhir tapi bukan berarti dan nggak menjamin) akan terus bagus kalau kita tidak jaga terus,” saat menjadi pembicara kunci di acara kuliah umum FEB Universitas UI secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Agar pembalikan ekonomi nasional tetap terjaga hingga akhir tahun 2020, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku akan terus menyesuaikan kebijakan-kebijakan dengan situasi atau perkembangan masalah penanganan COVID-19.

“Tapi semua menunjukkan arahnya turning around ini yang kita harus jaga untuk kuartal IV,” ujarnya.

“Kita monitor secara detail dan lihat apakah ini benar, mana lagi yang perlu diperbaiki, policy sektor, keuangan, apakah regulasi atau prosedur yang harus diperbaiki itu yang dilakukan,” tambahnya.

(hek/eds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here