Home Berita Ibu Negara Bicara Hikmah di Balik Pandemi Corona, Apa Itu?

Ibu Negara Bicara Hikmah di Balik Pandemi Corona, Apa Itu?

5
0

Jakarta

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan ada hikmah di balik pandemi virus Corona (COVID-19) yang melanda Indonesia dan seluruh dunia. Ia mengatakan, hikmah dari pandemi membuat UMKM Indonesia lebih cepat beralih ke dunia digital.

“Pandemi COVID-19 memberi banyak hikmah, salah satunya mendorong UMKM beralih cepat ke digital,” ujar Iriana dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke-3 yang disiarkan virtual, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya produk-produk UMKM Tanah Air semakin mendunia. Hal ini membuat UMKM naik kelas.

“Hal ini membuat produk-produk UMKM Indonesia semakin cepat dikenal dunia internasional. Membuat UMKM semakin maju dan naik kelas,” jelas Iriana.

Di sisi lain, pandemi Corona tak menghentikan upaya memajukan UMKM. “Saya sangat senang karena di tengah situasi pandemi seperti sekarang, semangat untuk memajukan UMKM tidak pernah surut,” tuturnya.

Meski begitu, ia berharap UMKM Indonesia bisa terus memperbaiki diri demi bersaing dengan pasar global.

“Perkembangan yang baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita harus segera menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki kualitas produk, branding, packing, pelayanan, dan harga,” tutup Iriana.

(ara/ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here