Berita

Kabar Gembira! CPNS 2021 Bakal Buka Formasi buat 1 Juta Guru

Jakarta

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan seleksi CPNS 2021 akan dilakukan. Dia mengatakan pemerintah akan melakukan prioritas pemenuhan untuk formasi tenaga guru, kesehatan, dan teknis pada pengadaan ASN di tahun depan.

Tjahjo belum menjelaskan berapa banyak total formasi yang dibuka. Yang jelas, dia mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat bersama BKN, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Keuangan (Menkeu), dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk membuka formasi CPNS pada tenaga keguruan.

Tjahjo menjelaskan semua pihak sepakat untuk membuka 1 juta pengadaan tenaga guru dan anggarannya pun disebut sudah disiapkan Menteri Keuangan.

“Rapat kami antara PAN-RB, BKN, Mendagri, Menkeu dan Mendikbud selesai, itu ada pengadaan 1 juta tenaga guru, anggaran sudah disiapkan Menkeu,” ungkap Tjahjo dalam rapat kerja bersama Komisi II, Kamis (19/11/2020).

Tjahjo mengatakan pihaknya akan mengurangi pengadaan tenaga administrasi. Pasalnya, kini tenaga administrasi saja banyak yang ditugaskan sebagai guru dan tenaga kesehatan.

“Karena ASN kita yang 1,6 juta yang merupakan tenaga administrasi itu jadi banyak dapat tugas sebagai guru dan tenaga kesehatan. Memang kebutuhan guru, perawat, bidan, dan dokter baik di puskesmas pembantu, puskesmas di kecamatan, dan rumah sakit rujukan sangat kurang sekali,” kata Tjahjo.

Tjahjo pun mengatakan untuk kebutuhan ASN di 2021 pihaknya sudah mengeluarkan surat kepada semua instansi baik pusat dan daerah untuk memberikan usulan pengadaan paling lambat pada Agustus 2020.

“Untuk kebijakan kebutuhan ASN 2021 kami sudah keluarkan surat Menpan yang isinya pengadaan ASN tahun 2020 ditiadakan. Kemudian usulan pengadaan 2020 diakumulasikan ke 2021, mudah-mudahan anggaran mencukupi. Kemudian batas akhir usulan Agustus 2020 ke Kemenpan-RB,” kata Tjahjo.

(eds/eds)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top