Info AAMAI

Mengenal Sertifikasi Profesi Asuransi (Ujian AAMAI)

Di Indonesia, Industri asuransi memiliki standar sendiri bagi praktisi yang terlibat di dalamnya. Salah satu sertifikasi profesi asuransi dilakukan oleh Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI). AAMAI adalah salah satu sertifikasi asuransi yang ada di Indonesia, dengan tujuan menjaga kompetensi ahli asuransi Indonesia yang biasa dikenal dengan istilah Ujian AAMAI.

Seiring dengan perkembang industri asuransi di Indonesia, AAMAI didirikan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas profesi asuransi di Indonesia. Untuk mendukung prospek industri perasuransian di Indonesia kedepan, peran standar kualifikasi professional dan ketrampilan dalam era globalisasi ini menjadi semakin penting untuk mencetak tenaga-tenaga professional di bidang perasuransian Indonesia.

Baca juga : Sejarah Berdirinya AAMAI

LSP AAMAI

AAMAI terus berbenah, untuk mendukung kemajuan indstri asuransi AAMAI mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi Aplikasi Asuransi dan Manajemen Asuransi Indonesia (LSP AAMAI). LSP AAMAI menjadi jawaban bagi SDM di Indonesia khususnya bidang perasuransian dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era AFTA dan AFLA, sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing SDM lokal terhadap dengan SDM Asing dari seluruh penjuru dunia.

LSP AAMAI sudah mendapatkan lisensi dari BNSP dan juga Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

JENIS SERTIFIKASI

Saat ini AAMAI mengelola dan menyelenggarakan ujian untuk Certificate of Life Insurance (CLI) untuk sektor jiwa dan Certificate of General Insurance (CGI) untuk sektor kerugian. Sedangkan LSP AAMAI menyelenggarakan sertifikasi AAAI-J dan AAI-J untuk sektor jiwa serta AAAI-K dan AAI-K untuk sektor kerugian. LSP AAMAI juga menyelengarakan sertifikasi profesi khusus yaitu untuk kompetensi manajemen risiko.

KURIKULUM UJIAN AAMAI

AAMAI dan LSP AAMAI biasa mengeluarkan kurikulum baru dalam rentang 5 tahun. Kurikulum terakhir di tahun 2014. Di tahun 2020 ada kemungkinan perubahan kurikulum Ujian AAMAI. Untuk mendapatkan update silahkan pantau terus di website ujian-aamai.com.

TAHAPAN SERTIFIKASI

Untuk mendapatkan gelar profesi AAMAI, kandidat harus melewati beberapa tahapan ujian. Dimulai dari memperoleh sertifikat CLI atau CGI sebagai prasyarat mengambil mata uji di gelar profesi AAAI-J, AAAI-K dan AAI-J, AAI-K. Lebih lengkapnya perhatikan tabelmata uji sektor jiwa berikut :

BUKU PANDUAN

Download

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top