Home Berita Vaksin Merah Putih Bakal Lebih Murah, Segini Kisaran Harganya

Vaksin Merah Putih Bakal Lebih Murah, Segini Kisaran Harganya

4
0

Jakarta

Harga Vaksin Merah Putih dipastikan bakal lebih murah dari vaksin lain yang diimpor dari negara lain. Hal itu dikarenakan biaya riset dan pengembangannya sudah ditanggung pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan kemungkinan harganya tidak sampai US$ 5 atau Rp 71.000 per dosis (kurs Rp 14.200/US$).

“Kisaran harga sekarang masih susah lah karena masih jauh kita dari produk akhir. Tapi kalau kita pakai patokan US$ 5 ya harusnya di bawah US$ 5 per dosis,” kata Bambang saat bincang khusus dengan detikcom, Kamis (19/11/2020).

Nantinya, yang jadi faktor penentu harga Vaksin Merah Putih hanya berdasarkan biaya produksi yang dikeluarkan oleh Bio Farma sebagai pembuat vaksin tersebut.

“Jadi nanti yang jadi faktor harga itu hanya biaya produksi di Bio Farma, baik untuk membuat di dalam botolnya, ditambah mungkin distribusi. Distribusi sudah ditanggung Kemenkes melalui APBN juga, jadi praktis hanya biaya produksi di Bio Farma plus mungkin margin untuk Bio Farma ya. Jadi logikanya lebih murah dari yang luar karena yang luar itu kan sudah memasukkan unsur mereka melakukan riset, uji klinis, yang mereka biaya sendiri,” ucapnya.

Bagaimana perkembangan Vaksin Merah Putih saat ini? Klik halaman selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here