Home Berita Wusss! Tol Cinere-Serpong Beroperasi Fungsional Bulan Depan

Wusss! Tol Cinere-Serpong Beroperasi Fungsional Bulan Depan

5
0

Jakarta

Jalan Tol Cinere-Serpong ditargetkan bisa beroperasi fungsional untuk mendukung kelancaran libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Dari data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebutkan jika jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan JORR II yang akan meningkatkan konektivitas guna mendukung distribusi logistik di Kawasan produktif khususnya daerah Jabodetabek dan mengurangi beban lalu lintas di JORR I yang semakin padat.

Jalan tol sepanjang 10,14 km ini menelan biaya investasi Rp 2,2 triliun dan terdiri dari 2 seksi.

Pada Seksi 1 Ruas Serpong-Pamulang dengan panjang 6,59 km progres konstruksinya sudah mencapai 96,47%.

“Diharapkan dapat menjadi jalan tol fungsional mendukung kelancaran libur Natal dan Tahun Baru 2020,” tulis keterangan Kementerian PUPR, dikutip Sabtu (21/11/2020).

Sementara untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km dengan progres konstruksi 70,75% ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Perlu diketahui, JORR II terbagi ke dalam 3 enam ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng – Kunciran (14,19 km), Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,14 km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,70 km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,78 km).

Pemerintah juga berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Yakni dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan berupa rumah susun pondok Pesantren Institut Ilmu Al-Quran (IIQ). Rusun Ponpes Institut Ilmu Al-Quran berlokasi di Kota Tangerang Selatan, Banten.

Rusun ini terdiri dari satu tower setinggi tiga lantai seluas 2.791 m2. Rusun dibangun dengan tipe 24 yang dapat menampung 256 santri putri. Rusun ini juga dilengkapi dengan air bersih, instalasi listrik, tempat tidur, lemari dan mebel lainnya sebanyak 64 unit termasuk 2 unit difabel serta prasarana dan sarana umum lainnya. Rusun ponpes ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Deficy Sigar Pratama dengan anggaran senilai Rp. 17,4 Miliar.

(kil/ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here