Info AAMAI

Perubahan Metode dan Materi Uji Kompetensi LSP AAMAI

Seiring dengan perkembangan, dinamika serta tuntutan yang dihadapi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Aplikasi Asuransi dan Manajemen Asuransi Indonesia (LSP AAMAI) dan Industri Perasuransian, baik di masa kini serta antisipasinya di masa yang akan datang, mengharuskan kita untuk terus menyesuaikan diri agar dapat berkembang dan berjalan sesuai dengan perkembangan, dinamika dan tuntutan tersebut.

Tim Kajian Skema Uji Kompetensi telah melakukan kajian secara seksama terhadap Skema serta metode uji yang dipergunakan oleh LSP AAMAI dalam Uji Kompetensi pada saat ini, dan atas dasar kajian tersebut Tim telah menyusun perubahan Metode Uji Kompetensi menjadi sebagai berikut :

Metode Uji :

  1. Uji Kompetensi bagi Ajun Ahli Asuransi baik Ajun Ahli Asuransi Jiwa, Ajun Ahli Asuransi Kerugian dan Ajun Ahli Manajemen Risiko akan diselenggarakan secara daring (online) dan masih menunggu izin dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  2. Uji Kompetensi bagi Ahli Asuransi baik Ahli Asuransi Jiwa, Ahli Asuransi Kerugian dan Ahli Manajemen Risiko serta Lini Bisnis Asuransi Jiwa dan Lini Bisnis Asuransi Kerugian tetap akan diselenggarakan secara offline dan rencananya akan diselenggarakan online juga apabila sudah ada izin dari BNSP.

Perubahan Materi Uji Kompetensi :

Untuk perubahan Materi Uji Kompetensi adalah sebagai berikut :

  1. Durasi atau lamanya uji kompetensi yang semula 180 menit (3 jam) dirubah menjadi hanya 120 menit (2 jam) untuk seluruh unit kompetensi baik Asuransi Jiwa, Kerugian maupun Manajemen Risiko.
  2. Jumlah dan model soal ujian untuk Ajun dan Ahli Asuransi Jiwa, Lini Bisnis Asuransi Jiwa dan Kerugian serta Manajemen Risiko Perusahaan Perasuransian tidak mengalami perubahan tetap berjumlah 100 soal ujian dengan metode pilihan ganda (Multiple Choice).
  3. Khusus Unit Kompetensi K.651110.910.01 (Membangun Prinsip-prinsip Manajemen Asuransi Jiwa) untuk Unit Kompetensi Ahli Asuransi Jiwa, model soalnya tetap berupa soal essay, tetapi ada perubahan dalam jumlah soal, tidak ada lagi soal bagian I (satu) dan bagian II (dua) hanya satu bagian saja dan jumlah soalnya menjadi 20 (dua puluh) soal ujian yang semua soalnya harus dijawab oleh peserta uji.
  4. Model soal ujian untuk Ahli dan Ajun Ahli Asuransi Kerugian,soalnya tetap berupa soal essay dan ada perubahan juga dalam jumlah soal,tidak ada lagi soal bagian I (satu) dan bagian II (dua) hanya satu bagian saja dan jumlah soalnya menjadi 20 (dua puluh) soal ujian yang semuasoalnya harus dijawab oleh peserta uji.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Soal dan Tryout Ujian AAMAI

Berita Terbaru

To Top